7 April 2015

PENGENALAN FUNDAMENTAL BANK

Sebagai investor kita harus tahu bahwa selama ini bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatannya memberikan kredit serta menghimpun juga menyalurkan dana
dari atau kepada masyarakat sebagai fungsi memperlancar lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Namun jarang diantara kita yang masih belum memahami bagaimana kinerja sebuah bank itu baik atau jelek. Penulis akan memberikan sedikit pengenalan mengenai
pengenalan dasar variable fundamental suatu bank.





ROA (Return On Asset)



ROA merupakan proyeksi dari profitabilitas suatu bank, rasio profitabilitas ini merupakan gambaran dari efektivitas manajemen secara keseluruhan yang
ditunjukkan dengan besarnya laba yang diperoleh perusahaan. ROA merupakan perbandingan laba sebelum pajak dengan total aktiva yang digunakan untuk
mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan total yang dimilikinya. Semakin besar ROA maka semakin bagus kinerja
suatu bank


CAR (Capital Adequacy Ratio)



CAR merupakan rasio yang menunjukkan seberapa besar modal bank. Apabila modal bank semakin besar maka kemampuan bank dalam memperoleh laba juga akan
semakin besar. Ada penelitian yang mengatakan bahwa semakin bagus CAR ini maka ROA (Return On Asset) juga makin bagus.


Rumus CAR = modal bank dibagi ATMR (kredit, pasar, operasional) x 100 %



NPL (Non Performing Loan)


NPL merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan bank dalam mengelola kredit bermasalah yang diberikan bank, sehingga apabila semakin tinggi rasio NPL
maka kinerja bank makin jelek. Namun perlu dicatat bahwa kredit bermasalah ini masih dikategorikan dalam kredit yg diragukan, kurang lancar, dan macet


Rumus NPL = kredit bermasalah dibagi total kredit x 100 %





NIM (Net Interest Margin)



NIM adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola aset produktif nya untuk menghasilkan pendapatan bunga bersih.
Pendapatan bunga bersih diperoleh dari pendapatan bunga dikurangi beban bunga. Misalkan modal bank 100 Milyar yg bisa dipakai buat kredit, maka
pendapatan bunga adalah 150 Milyar setelah dikurangi beban administasi dll, maka pendapatan bunga bersih menjadi 130 Milyar. Perlu dicatat! laba bunga
bersih tidak sama dengan pendapatan bunga.


Rumus NIM = Pendapatan bunga bersih dibagi aset produktif x 100 %



BOPO (Biaya Operational / Pendapatan Operational)




BOPO adalah perbandingan antara biaya operational dan pendapatan operational. Rasio ini digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dan kemampuan bank
dalam kegiatan operasinya. Misalkan biaya operational 200 dengan biaya operational 400 sementara pendapatan operational 800 jelas lebih bagus yang
perbandingannya lebih kecil alias yg biaya operationalnya 200.


Rumus BOPO = biaya operational dibagi pendapatan operational x 100 %



LDR (Loan to Deposit Ratio)




LDR adalah rasio antara seluruh jumlah kredit yang diberikan bank dengan dana yang diterima oleh bank. LDR menyatakan seberapa jauh kemampuan bank
dalam membayar kembali penarikan kredit yang diberikan sebagai sumber likuiditasnya. Rasio ini untuk mengetahui kemampuan bank dalam membayar kembali
kewajiban kepada para nasabah yang telah menanamkan dana dengan kredit-kredit yang telah diberikan kepada para debiturnya.


Rumus LDR = total kredit dibagi total dana pihak ketiga x 100 %



Giro Wajib Minimum (GWM)




GMW adalah jumlah dana minimum yang wajib dipelihara oleh Bank yang besarnya ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar Persentase tertentu dari Dana Pihak
Ketiga Bank. Dana pihak ketiga bank adalah tabungan, deposito, giro dsb yang disimpan dalam bank.


GWM Primer adalah simpanan minimum yang wajib dipelihara oleh Bank dalam bentuk saldo Rekening Giro pada Bank Indonesia yang besarnya ditetapkan oleh Bank Indonesia

sebesar 8% (delapan persen) dari DPK dalam rupiah.

2 komentar:

  1. contoh penerapannya untuk relative valuation gimana dong? kasi dong.. thx u.

    BalasHapus
  2. sering2 di update donk blognya,setidak tidaknya 1minggu 1kali di beri ulasan ttg berita2 lokal gitu,perkembangan investasi di indonesia,terus di bimbing donk chating bersamanya,terima kasih ..

    BalasHapus